Daun Salam dan Manfaatnya di DokterBabe.com

Daun salam. Hm…para emak biasanya taulah ya yang namanya daun salam. Apalagi emak yang demen uprek-uprek dapur. Hafal banget pastinya sama salah satu bumbu dapur ini. Ya, daun salam sering banget digunakan sebagai penambah cita rasa masakan. Biasanya neh serangkai sama sereh, daun jeruk dan juga daun kunyit. Tul gak?

Tapi ternyata daun salam tidak hanya berguna sebagai penambah cita rasa makanan lho. Awalnya ini hasil ngobrol ngalor ngidul saya dengan beberapa emak, termasuk mama saya. Pernah ngebahas tentang daun salam dengan mama saya. Kata mama, beliau suka mengkonsumsi air rebusan daun salam sebelum tidur. Biasanya konsumsi ini kalo dah berasa pegel di pundak dan tengkuk, atau kepala keleyengan. Pusing. Biasanya tensi lagi naik tuh kalo kayak gitu. Nah rebusan air daun salam ini kata mama berkhasiat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hm….

Lain waktu saya ngobrol dengan ibu-ibu tetangga di komplek rumah saya. Obrolan-obrolan santai sesama emak sambil milih-milih sayur, lauk pauk dan lain-lainnya. Selalu pusing setiap ketemu abang langganan sayur. Eh tapi ini bukan pusing karena hipertensi lho ya. Pusing mau masak apa hari ini. Hahaha.

Salah satu topik yang pernah diobrolin yaitu daun salam. Lagi-lagi daun salam. Dan intinya ya sama dengan kata mama saya, si air rebusan daun salam ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Daun Salam org

Sumber foto: daunsalam.org

Hipertensi ini sendiri jadi catatan tersendiri untuk hasil medical check up pak suami saya beberapa waktu yang lalu. Iya seh kadang beliau suka ngeluh tuh pegel di pundak. Atau kadang suka ngeluh pusing juga. Dan sebagai istri yang baik, tentunya dong mencari tahu lebih dalam tentang hipertensi.

hipertensi

Sumber foto: caramenurunkanhipertensi.com

Salah satu cara saya menambah pengetahuan tentang hipertensi ini yaitu dengan browsing artikel-artikel tentang kesehatan di dunia maya. Tentunya tulisan tentang ini bejibun jumlahnya. Dan kita sebagai pembaca  harus selektif dan pintar dalam memilih sumber.  Salah satu situs kesehatan yang sering saya baca akhir-akhir ini adalah DokterBabe.com.

Teman, udah pada tau belom tentang situs kesehatan  DokterBabe.com ini? Itu lho sebuah situs kesehatan terdepan dengan tujuan yang mulia, yaitu memberikan informasi seputar kesehatan agar masyarakat indonesia semakin melek tentang kesehatan.

Aspek kesehatan yang dibahas di sini menyeluruh, mulai dari sejarah tentang ilmu kedokteran, perkembangan peralatan kedokteran, dan juga masalah-masalah seputar kesehatan.

Di situs DokterBabe.com ulasan tentang penyakit dibuat menu tersendiri. Nama penyakit disusun berdasarkan abjad. Ketika saya hendak mencari ulasan tentang hipertensi, tinggal klik deh tuh di menu penyakit kemudian cari lebih lanjut di huruf H.

Masih berkaitan dengan hipertensi, saya menemukan artikel tentang manfaat daun salam di DokterBabe.com. Hm…jadi  keingetan obrolan dengan mama dan emak-emak tetangga saya. Menarik!

Baca: 7 Fakta Ilmiah Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat daun salam dijabarkan dari sisi kajian ilmiah. Saya jadi tahu apa dasar yang membuat rebusan air daun salam bisa digunakan sebagai obat alternatif tambahan untuk hipertensi. Dan ternyata sebaiknya rebusan air daun salam tersebut dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Hm…jadi keingetan mama saya.

Setelah membaca artikel di DokterBabe.com saya jadi lebih yakin untuk membuatkan suami saya segelas  air rebusan daun salam. Kenapa begitu? Karena artikel di DokterBabe.com diverifikasi oleh dokter sebelum tayang di website DokterBabe.com. Semoga ke depannya tidak hanya nama dokternya saja yang tertera pada bagian verifikasi artikel, tapi juga profil beliau seperti tempat praktek, riwayat pendidikan dokter, dan lain-lain juga diikut sertakan.

Banyak sekali bahan-bahan dari alam yang sering kali kita jumpai di sekitar kita bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan, salah satu contohnya yaitu daun salam ini. Namun pengobatan herbal seperti ini tentunya tidak bisa dijadikan rujukan utama untuk kesembuhan dari satu penyakit. Menurut pendapat saya sebaiknya  tetap dikonsultasikan dengan dokter terkait untuk hasil yang lebih maksimal. Dan DokterBabe.com memberikan layanan konsultasi gratis dengan dokter dan health consultant pilihan untuk para pembaca setianya. Well, dengan banyak membaca, mencari tahu,dan  bertanya kepada ahlinya, tentunya hidup sehat itu mudah. Salah satunya melalui DokterBabe.com yang membuat semua menjadi satu. All in one package. Jadi mudahkan!

Oh ya, berikut anjuran pengolahan daun salam yang saya kutip dari DokterBabe.com: rebus hingga mendidih 15 lembar daun salam dalam tiga gelas air. Setelah itu tunggu hingga air menyusut kira-kira menjadi satu gelas. Tuang sisa air rebusan daun salam ke gelas and it is ready to be drunk. Tentunya ditunggu agak dingin dulu lho ya. Hehehe.

Rebusan-Daun-Salam- khasiat co id

Sumber foto: khasiat.co.id

Terima kasih DokterBabe.com. Semoga bermanfaat.

Salam

 

Vidy

 

Catatan:

Sumber foto featured image: DokterBabe.com

Sumber data: https://www.dokterbabe.com/artikel/manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s