Yuk Jelajahi Keindahan Lombok dengan Skyscanner, Sahabat Sejati Para Traveller

Lombok! Siapa yang tidak tahu lombok? Ngacuuuung alias angkat tangan. Tapi sepertinya bagi anda sekalian pecinta jalan-jalan pastinya Lombok masuk dalam daftar wishlist untuk dikunjungi bukan? Bener ga….bener ga? Iyain aja lah ya. Entah ditulis di nomor urut ke berapa. Satu, dua, tiga, sepuluh, dua puluh atau mungkin seratus. Tapi tetep masuk dalam daftar MUST VISIT!


Kalo lihat di peta, Lombok ini tetanggaan alias sebelah-sebelahan sama Bali. Tapi jangan bandingkan Bali sama Lombok. Beda atuhlah. Yang satu udah mahsyur dari zaman dulu dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung banget untuk wisatawan. Nah yang satu lagi sedang berlari mengejar ketertinggalan. Berbenah sana sini. Mulai dari infrastruktur, akomodasi, sumber daya manusia yang mumpuni di bidang wisata dan lain-lainnya. Laaaah, kok saya bisa hafal banget ya? Ya iyalah saya tahu. Tak terasa waktu berjalan, bulan April kemaren genap lima tahun saya menjadi warga kota Mataram, Lombok, NTB. Di beberapa tempat saya merasakan langsung perubahan itu. Eh tapi, walaupun udah lima tahun stay di kota Mataram, teteeeep aja wishlist saya mengunjungi wisata-wisata di pulau ini enggak habis-habis. Ada beberapa seh yang dikunjungi berkali-kali, tapi ada juga yang sampe sekarang, menginjak tahun ke enam, belum juga kesampean. #colek pak suami. Hahaha.

Tujuan wisata di Lombok itu komplit banget. Pantai, gunung, bukit, lembah, air terjun. Semua ada. Mau tau dong ada apa aja seh di pulau Lombok ini.

Kita bahas mulai dari pantai. Kalo ngomongin Lombok dan pantainya, biasanya orang akan menyebut pantai Senggigi. Pantai satu ini memang menjadi ikon wisata Lombok. Kalo menurut saya neh, dari sinilah wisata Lombok dimulai. Pasti bertanya-tanya kenapa begitu? Jawabannya sederhana saja. Fasilitas paling lengkap ada di kawasan ini.

Ikon wisata lainnya yaitu, biasanya neh,  wisatawan akan berceloteh tentang tiga serangkai di kabupaten Lombok Utara. Apalagi jika bukan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. #heeee. Bukan salah si gili-gili ini juga seh jika mereka jadi terkenal hingga ke mancanegara. Akses yang mudah dari Bali membuat mereka jadi ikutan tenar.

Ya, seringkali para wisatawan potong kompas naek speedboat dari Bali langsung menuju ke gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pelabuhan Lembar di-skip aja gitu. Hehe. Belom tahu aja dia kalo tidak jauh dari pelabuhan Lembar ada tiga serangkai lainnya yang juga cantik bingit. Sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mau tahu kan apakah itu? Itu lho gili yang sempet bikin geger dunia maya karena ditulis FOR SALE. Yup, betul! Gili yang saya maksud di sini adalah Gili Nanggu. Tetanggaan dengan Gili Sudak dan Gili Kedis. Tiga gili ini enggak kalah cantiknya dengan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pernah sekali waktu ketika saya menghabiskan waktu di ketiga gili ini, saya diajak oleh mamang yang sewain kapal ke satu spot snorkling di antara Gili Sudak dan Gili Kedis. Walau di tengah laut namun tidak terlalu dalam. Di beberapa tempat kedalaman laut hanya sebatas pinggang orang dewasa dengan tinggi sekitar 160 cm-an. Jernihnya air laut membuat mata ini puas memandang bintang laut yang bertebaran di dasar laut. Dan jreeeeng, seekor bintang laut sebesar telapak tangan orang dewasa diberikan kepada saya untuk dipegang sebentar saja.  “Aha moment” banget buat orang-orang seperti saya yang demen pantai tapi ogah basah kuyup nyebur ke laut.

IMG-20160308-WA015

Oiya, gili adalah sebutan masyarakat lokal untuk pulau-pulau kecil yang bertebaran di sekeliling pulau Lombok. Bertebaran? Iya bertebaran, karena jumlahnya bukan satu atau dua atau tiga, tapi puluhan. Naaah kan, enggak salah dong kalo daftar wishlist saya di Lombok ini enggak tuntas-tuntas.

Yuk sekarang kita beralih ke wilayah kabupaten Lombok Tengah ke arah selatan pulau. Kawasan ini masuk dalam KEK kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mandalika, begitu biasanya kawasan ini disebut. Di sana ada deretan pantai yang menghadap langsung ke  samudra. Jadi jangan kaget kalo di beberapa tempat ombaknya ganas dan arus bawah lautnya kuat. Biasanya tempat ini menjadi surganya peselancar. Pantai di Lombok yang biasanya dicari para peselancar yaitu pantai Gerupuk, pantai Kuta dan pantai Mawi.  Dan satu lagi yaitu pantai Bangko-bangko. Tapi yang terakhir ini letaknya di daerah Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Di sini ada juga pantai yang terkenal karena pasirnya yang sedikit berbeda dari pasir pantai pada umumnya. Putih namun tidak halus. Melainkan agak besar-besar seperti butiran merica. Pantai Tanjung Aan, itu namanya. Pantai ini juga mulai menjadi ikon wisatanya Lombok lho. Tidak jauh dari pantai ini berdiri salah satu hotel ternama berbintang yang menyabet World’s Best Halal Beach Resort 2016 pada ajang tahunan  The World Halal Tourism Awards.  Yuk…yuk cek cek best price hotel yang satu ini di skyscanner.

Apa seh skyscanner? Kalo kamu-kamu sekalian adalah para traveller sejati, maka skyscanner ini bisa dijadiin salah satu sahabat sejati yang akan membantu kamu kapanpun dan dimanapun untuk mencapai destinasi-destinasi wisata nan cantik, khususnya Lombok. Eh, kok bisa begitu ya? Iiisshh jawabannya gampang banget. Skyscanner akan membantu kamu untuk mencarikan tiket murah, hotel yang murah dan juga bisa untuk penyewaan mobil. Lengkap banget ya bantuinnya.

Setelah pantai, kita beralih ke gunung. Tentu tau dong siapa yang akan kita bicarakan. Siapa lagi jika bukan gunung Rinjani. Dari puncak hingga ke kaki gunung, gunung Rinjani selalu menawarkan kecantikan yang mampu menyihir setiap orang yang mengunjunginya. Dari atas sana, Gunung Rinjani tidak hanya menawarkan melihat Lombok dan sekitarnya dari ketinggian 3.726 m dpl, akan tetapi juga ada danau Segara Anak nan cantik sebelum mencapai puncak jika melewati rute trekking senaru. Dan jika ingin menikmati padang sabana yang luas sebelum mencapai puncak, silahkan melewati jalur sembalun untuk mendaki.

IMG_2017-05-19_15-26-27

Sembalun adalah sebuah lembah yang membentang luas di bagian timur gunung Rinjani. Daerah ini berhawa dingin, dan tanahnya subur, cocok untuk bercocok tanam. Petak-petak sawah bagai hamparan permadani hidup di tanah Sembalun. Belum lagi petak-petak kebun sayur dan juga buah-buahan seperti strawberry. Memandang semua ini dari bukit-bukit yang bertebaran di Sembalun sungguh cantik, baik ketika sunrise ataupun sunset. Sebutlah bukit Pergasingan, bukit Selong, bukit Anak Dara, dan lain-lain.

sembalun-01

Sumber: andyhardiyanti.com

Wisata bukit tidak hanya nge-hits di daerah pegunungan. Banyak deretan pantai di Lombok yang juga menyuguhkan keindahan laut dari atas bukit.  Ada bukit Merese di pantai Tanjung Aan. Bukit Malimbu di Malaka, Bukit Tunak di Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Dan masih banyak lagi.

Selain pantai, gunung dan bukit, Lombok juga kaya dengan wisata air terjun. Yang nge-hits diantara para pendaki gunung Rinjani yaitu air terjun Mangku Sakti. Pastikan tubuh dalam kondisi fit ketika mengunjungi air terjun yang satu ini karena jalur yang dilewati sangat menantang. Di Senaru, kaki gunung Rinjani di bagian utara, ada air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Melipir ke bagian Timur, ada air terjun Benang Kelambu dan Benang Setokel nan cantik. Ah, masih panjang daftar air terjun lainnya.

air-terjun-mangku-sakti-08

Sumber: andyhardiyanti.com

Jadi tunggu apa lagi teman, lengkap bangetkan wisata di pulau Lombok ini. Buruan unduh aplikasi Skyscanner di hape kamu. Gratis. Jangan lupa untuk pantau terus tiket pesawat promo -nya. Dengan Skyscanner liburan kamu bakal hemat waktu dan uang.

Mari berlibur di Lombok!!!

Mataram, 5 September 2017
Ditulis oleh Vidy

Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition: “Aha” moments saat travel  oleh #SkyscannerBloggingCompetition dan C2Live. Artikel ini ditulis berdasarkan opini pribadi.

Advertisements

11 thoughts on “Yuk Jelajahi Keindahan Lombok dengan Skyscanner, Sahabat Sejati Para Traveller

    1. vidy Post author

      Foto bumil kereeeeen..biar makin terkenal kan blogger kece-nya lombok hihi. No lunch free ya. Hm….siniiii maen-maen ke rumah…
      Makasih doanya bumil…mudah2an tulisan yang ini banyak maanfaatnya ya buat yang baca #amatiran aja banyak gaya wkwkwk

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s