Menikmati Pantai Ketapang Tempes dengan Hidangan Tuna yang Lezat

IMG_2017-07-10_08-50-39

Rencana untuk makan siang di Pantai Nipah gagal total karena rasa lapar itu tidak menyapa ketika mobil melintasi gerbang masuk pantai tersebut.  Pun begitu ketika mobil melaju di jalan raya Tanjung. So, mobil terus melaju menuju Senaru.  Lanjuuuuut.

Mobil terus bablas hingga ke jalan raya Bayan. Eh, tapi akhirnya perut ini terasa kriuk-kriuk juga sebelum mobil melaju di desa Selengen, masih di jalan Raya Bayan.

Ooohhh tidak, saya dan suami belum pernah makan di daerah sini. Kalau bablas makan di Senaru masih agak jauh. Perut pastinya akan semakin kroncongan. Mobil tidak lagi dipacu kencang oleh suami saya. Kami jadi sibuk celingak celinguk kiri dan kanan jalan. Siapa tau ada rumah makan yang kira-kiranya pas dan sreg untuk disinggahi.

Masih menyusuri tepi pantai di jalan Raya Bayan. Ketika sudah masuk di desa Selengen, di satu tempat di tepi pantai – tidak terlalu panjang, banyak warung-warung seadanya. Sekilas pandangan ada sate segala. Awalnya kami berpikir deretan warung di tepi jalan ini akan panjang seperti di pantai Nipah, namun ternyata tidak. Ketika sudah tidak lagi menemukan warung, pak suami jadi puter balik. Kembali menyusuri satu persatu warung-warung tersebut. Kali ini pelan-pelan saja.

Yeah, akhirnya mobil berhenti di depan satu warung yang lagi ngipas sate dan ngebakar ikan. Uwiiiiih penampakannya lezat. Dan perut saya semakin lapar. Hahaha.

IMG_2017-07-10_08-05-06

Kami memesan dua porsi sate tuna dan satu ikan bakar tuna. Menunya serba tuna. Tidak lupa sambel tomat. Karena bawa krucil tanpa asisten, saya dan suami gantian melahap lezatnya hidangan ikan tuna. Enaaaaak. Berasa ikannya masih seger. Walaupun ini warung ala kadarnya, tapi rasa menunya tidak ala kadarnya.

IMG_2017-07-10_08-12-09

Ketika minta tambahan sambel tomat, saya iseng nanya sama yang punya warung apa nama pantai yang menghampar di depan mata. “Ketapang.” Begitu jawaban bapak tersebut.

IMG_2017-07-10_08-05-48

Tak lama setelah selesai makan, saya dan keluarga melanjutkan perjalanan. Ya perjalanan yang akan kami tempuh masih lumayah jauh dari warung ini.

Jujur, saya baru mendengar tentang pantai ketapang beserta satenya ini. walau sudah lima tahun lebih berdomisili di pulau Lombok.

Jika berbicara kabupaten Lombok Utara, biasanya topik pembicaraan tentang makanan tidak jauh dari sate ikan Tanjung. Dan belom pernah saya denger cerita tentang sate tuna di pantai Ketapang ini. Padahal kedua tempat ini sama-sama berada di kabupaten Lombok Utara lho.

Saya yang agak-agak ragu dengan jawaban si bapak di warung tempo hari, akhirnya menjelajah tentang pantai Ketapang ini di dunia maya. Mari kita bertanya dulu sama mbah google. Hehe.

Yihaaa google maps beraksi. Ealaaaah, bener rek, mbah google aja notice tentang pantai ini. Pantai Ketapang Tempes. Di jalan Raya Bayan desa Selengen. Dan ada juga tanda pisau dan garpu yang bertuliskan: Kuliner Sate Ikan bakar khas kampung. Hmmm…tampaknya ini lebih ke faktor saya yang tidak gaul alias out of date. Hahahah.

Screenshot_2017-07-08-22-38-21_com.apn.mobile.browser
Foto via Google Maps

Mari…mari yang berencana liburan ke Lombok Utara, terutama yang tujuan akhirnya ke daerah Bayan, Senaru, Gangga dan lainnya, warung sate dan ikan bakar di pantai Ketapang Tempes ini bisa jadi salah satu alternatif untuk wisata kuliner. Sate ikan tuna dan ikan bakar tunanya uenaaaaak. Dan satu lagi, harganya gak pake mahal alias murah meriah. Menjadi semakin menarik bukan? Hehehe. Merapaaaaat!

IMG_2017-07-10_08-13-42

IMG_2017-07-10_08-19-07

Mataram, 11 Juli 2017
Ditulis oleh Vidy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s