Pantai Nipah, Tempatnya Makan Ikan Bakar, sambil Main dan Menikmati Pantai

IMG_2017-03-21_21-46-01

(28/02/17) Pantai Nipah! Pantai ini tidak setenar pantai Kuta, pantai Tanjung Aan, apalagi jika dibandingkan dengan pantai Senggigi yang telah menjadi salah satu ikon wisata pulau Lombok. Namun kalo lagi kepengen makan ikan bakar sambil menikmati pantai dan sekalian bikin duo bujang kecil saya seneng tiada tara,  maka saya akan memilih pantai Nipah dibanding pantai Senggigi. Hm…mau tau kenapa? Yuk lanjut baca.


Pantai dengan Ikannya yang Segar
Menyusuri jalan raya Senggigi hingga ke dusun Nipah di desa Malaka kecamatan Pemenang kabupaten Lombok Utara, maka kita akan melewati satu tikungan di mana deretan warung seadanya menawarkan berbagaj jenis ikan segar. Ada yang masih mentah, ada juga yang sudah dibakar. Dan di antara warung tersebut ada sebuah gerbang yang lagi-lagi gerbang seadanya untuk menuju sebuah pantai.  Inilah dia pantai Nipah.

Seperti pantai-pantai lainnya di Lombok, di tepi pantai Nipah juga berderet warung makan yang tidak hanya menawarkan kelapa muda, akan tetapi juga ikan dan seafood bakar. Oh ya, Pantai Nipah ini tempatnya makan ikan bakar dan seafood yang maknyus tapi bersahabat dengan kantong lho alias enak tapi murah. Mau kaaaaan???

Ikan di sini segar-segar. Jenis ikannya pun beragam. Ada baronang, kerapu, kakap merah, ekor kuning, dan lain-lain. Selain ikan, juga ada udang, dan cumi-cumi. Pernah juga sekali waktu saya ditawari kepiting. Tapi sepertinya yang terakhir tidak selalu ada.

Kali ini saya mengunjungi pantai Nipah dengan rombongan yang lebih banyak, tidak hanya pak suami, duo bujang kecil dan juga si bayi cantik.  Kali ini judulnya edisi jalan-jalan anter mertua, adik ipar dan juga keponakan suami menjelajahi Lombok nan cantik. Yuuuuuk!

Saya dan rombongan tiba di pantai Nipah siang hari. Saatnya untuk makan siang. Tidak lupa bawa nasi dari rumah pake magic jar. Sssttt kalo enggak bawa juga enggak apa-apa seh. Warung-warung di pantai Nipah ini juga menyediakan nasi. Harap maklum saya emak rempong yang rajin yah, bawa nasi sendiri #padahal tinggal angkat magic jar, yang angkat ke mobil pun bukan saya, tapi pak suami wkwkwk.

Oh ya, bagi yang mau sarapan pagi di sini juga bisa lho. Beberapa kali saya dan keluarga sarapan pagi di sini. #Efek emak males masak sarapan pagi hehe. Cuma kebetulan jalan kali ini, saya dan keluarga memilih untuk makan siang.

Warung Ibu Nisa
Warung yang kami singgahi siang itu yaitu warung Ikan Bakar Ibu Nisa. Menilik ke plang nama yang berdiri tegak di depan warung, warung ibu Nisa menyediakan ikan bakar, ikan goreng, ikan bumbu kuning, cumi bakar, cumi goreng, udang bakar, udang goreng, plecing kangkung, terong bakar, lalapan, sayur bening dan lain-lain.

Siang ini pesen tiga ekor ikan, yang dua dibakar dengan bumbu pedas, yang satu dibakar biasa alias gak pedes. Ikan bakarnya enaaaaak. Dan yang lebih mantep adalah sambel tomat dan sambel coletnya. Maknyus!!! Oh ya, sambel colet itu sambel terasi ya. Cabe rawit diulek dengan terasi, kemudian diberi perasan air jeruk limo sedikit. Hm manteb.

PhotoGrid_1489995631757

Karena tadi malem mertua udah nyobain plecing kangkung, jadi buat sayurnya hanya pesan si terong bakar. Lagi-lagi yang satu ini juga enaaak. Si terong abis dibakar kemudian dikupas kulitnya terus diguyur dengan sambel tomat mentah yang puedes. Nyam..nyam.. Yuk mari kita makan.

PhotoGrid_1489994709200

Pantai Nipah dengan Segala Kelebihannya
Pantai Nipah! Pantai ini bisa dikatakan salah satu pilihan pantai di Lombok yang cukup aman untuk anak-anak bermain di tepi pantai dengan leluasa tanpa khawatir akan ombak yang besar dan juga arus bawah laut yang kuat. Karena pantai ini landai. Ombaknya enggak ganas alias gelombang air lautnya cukup tenang. Dan semakin sempurna dengan arus bawahnya yang tidak kuat.

PhotoGrid_1490070521934

Selain bermain air laut dan juga pasir tentunya, di sini juga ada ayunan lho. Ada yang dudukkannya kayu, ada juga yang dari ban bekas. Tinggal pilih mau yang mana. Yuk..yuk yang mau mengenang masa kecil main ayunan.

Bagi yang enggak pede buat naik ayunan, di sini juga ada kok kursi-kursi dari kayu, atau bisa juga duduk-duduk di berugak seadanya dari bambu…Harap maklum, di pantai ini masih banyak yang seadanya. Hehehe.

PhotoGrid_1490069816773

Sedangkan bagi yang hobi mancing, bisa juga lho hobinya disalurkan di sini. Beberapa kali saya lihat orang mancing di pantai Nipah ini. Udah gitu mereka gak perlu jauh-jauh ke tengah laut, cukup berdiri sajah tidak jauh dari bibir pantai. Memancing dimulai. Yuuuk lempar umpan. Jadi hemat sewa kapal kan hehe.

PhotoGrid_1490069966135

So, yang mau nge-trip ke Lombok, pantai ini bisa jadi salah satu tujuan wisata kamu.

Yuk nge-trip Lombok!

Mataram, 23 Maret 2017

Ditulis oleh Vidy

Advertisements

6 thoughts on “Pantai Nipah, Tempatnya Makan Ikan Bakar, sambil Main dan Menikmati Pantai”

  1. Dulu pernah dua kali ke Lombok jaman masih gadis..Ke pantainya ya Senggigi dan Senggigi lagi…Rencana nanti ajak anak-anak ke Lombok, Insya Allah ke Pantai Nipah biar bisa makan ikan bakar yang segar..dan menikmati pantai yang tenang…Makasih sudah berbagi cerita, Mbak 🙂

    Like

    1. Sama-sama mbak dian…senengnya kalo pembaca dapet manfaat dari tulisan saya..ayo-ayo halan-halan ke lombok. Buanyaaak pantai nan cantik..

      Ada satu lagi yang mirip-mirip pantai nipah. Namanya pantai Pandanan. Nantikan tulisan saya ttg pantai yang satu ini hehehe #berdoa gak rempong sama bocah-bocah heheh

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s