Ngejambal yang Bikin Kenyang

2016-12-12_14-02-21

(30/10/16) Siang itu perut ini terasa laper sekali. Lumayan capek juga keliling-keliling di Sumber Karya Indah a.k.a SKI di daerah Katulampa, Bogor. Karena saya membawa si bayi mungil Nadya, jadi saya dan keluarga memutuskan untuk cari makan siang di luar SKI. Daaaan terdamparlah kami di belakang Gramedia, Pajajaran, Bogor.

Rasanya udah lama banget saya enggak melipir ke daerah sini. Ah dulu zaman saya masih SMA, zamannya lagi rajin les bahasa inggris ke LIA, daerah ini tidaklah serame sekarang. Hohoho…Berapa tahun yang lalu ya itu? Lima? Sepuluh? Tidak… tidak… itu duluuuuuu……. lebih dari lima belas tahun yang lalu. Hahaha.. Kini restoran dan kafe bertebaran di kiri kanan jalan. Nah lho, jadi bingung sendiri mau makan ke mana. Heeee.


Di antara sekian banyak deretan restoran dan kafe, akhirnya berlabuh di de’Leuit Restaurant yang terletak di jalan Pakuan no 3. Pas dipojokan jalan. Restoran bertingkat ini eye catching banget deh. Dan sepertinya resto yang satu ini bersahabat buat bawa bocah kecil.

Melangkah ke dalam restoran, mbak pelayannya langsung menuntun kami ke saung lesehan. Sesuai permintaan. Sambil jalan mata lirik kanan kiri liat makanan orang yang udah terhidang di meja. Duh..duh..itu minuman apa ya warna oren tapi pake mangkok es çampur gitu. Kok kayaknya sueger banget siang-siang minum itu. Jadi nelen air ludah sendiri. He…

Lesehan tempat saya dan keluarga duduk pas banget di depan playground untuk anak-anak. Duo bujang kecil saya dengan sangat senang hati bolak balik meja makan dan tempat bermain. Tanpa perlu komando. Ada kolam ikannya juga.

2016-12-12_19-36-36

Mbak pelayan resto menyodorkan buku menu. Seperti biasa saya bertanya apa khas resto ini dan apa yang banyak dipesen orang. Dan enggak lupa bertanya minuman apa yang tadi bikin saya mupeng maksimal.

Kata Mbak yang melayani saya, menu yang banyak diorder itu nasi jambal. Nasinya nasi liwet dengan paduan ikan asin di dalamnya. Mata saya langsung mencari halaman buku menu yang ada gambar nasi jambalnya. Dipilih….dipilih…dipilih…

Pilihan jatuh ke nasi jambal ayam goreng paha lengkap dengan sayur asam khas sunda yang kuahnya agak keruh. Beda dengan sayur asam khas jawa yang kuahnya cenderung bening. Enggak lupa pesen es Ke-Ruk a.k.a es kelapa jeruk yang berhasil mempesona saya sambil jalan tadi. Ya, ini dia minuman hasil lirikan sambil jalan.

2016-12-12_16-23-23

Satu paket menu yang saya pesan terhidang di meja. Alamaaak porsinya kok sedikit ya. Begitu ujar saya dalam hati ketika melihat menu yang saya pesan. Duh kenyang gak ya? Maklum emak-emak menyusui, kalo makan cari porsi yang banyak. Hehe..

Di dalam nampan, si nasi liwet di tata di tengah-tengah. Di sekelilingnya ada ayam goreng, tahu, bakwan jagung, tumis oncom, lalapan dan juga sambelnya dong. Yang terakhir ini enggak akan ketinggalan deh. Makan enggak pake sambel rasanya gimanaaaaa gitu. Oh ya si sayur asem di mangkok terpisah. hehehe.

2016-12-12_19-41-36

Dan dimulailah cicip mencicip. Segigit dua gigit, sesuap dua suap. Akhirnya nampan hanya sisa lalapan daun pohpohan dan terong hijau kecil. Dua jenis lalapan khas sunda ini saya gak pernah suka dari kecil hingga sekarang. Jangan tanya menu yang lainnya. Tandas tak bersisa termasuk si sayur asem dan juga si sambel yang puedese tenan. Endeeeees! Porsi yang tampak sedikit itu ternyata mengenyangkan emak-emak menyusui ini. Hahaha. Selain menu ini, saya dan keluarga juga pesen tauge cah ikan asin dan ayam saos mentega. Dua menu ini juga enyaaaaaak.

2016-12-12_22-13-55

Menu yang terhidang di meja habis, perut kenyang, mari kita pulang ditemani hujan rintik-rintik yang menyirami bumi.

Mataram, 13 Desember 2016

Ditulis oleh:Vidy

2 thoughts on “Ngejambal yang Bikin Kenyang”

Leave a Reply

