Batik @Roemah Batik Archipelago

rba-5Kali ini saya ingin mengenalkan seorang teman, sahabat sekaligus seperti ibu bagi saya. Sekitar sebelas tahun yang lalu kami berbagi ruangan kecil di salah satu gedung pencakar langit di bilangan MH. Thamrin, Jakarta. Namanya ibu Siti  Chaniago. Beliau akrab dipanggil ibu Ate. Kenapa ibu Ate seperti ibu bagi saya? Karena usia beliau jauh di atas saya, seumuran dengan papa saya yang kini sudah berusia 60-an, bahkan anak ibu Ate hanya terpaut satu tahun saja dengan usia saya.

Hm… Apa seh yang membuat beliau istimewa hingga saya menurunkan tulisan ini di blog saya? Yuk mari dibaca hingga akhir. Jangan ada yang terlewat walau satu baris saja.

Sekitar 6,5 tahun  yang lalu, di bulan Desember 2009, ketika tidak lagi bekerja kantoran, ibu Ate mencoba usaha batik. Kenapa batik? Awal mulanya ibu Ate kagum dengan koleksi batik-batik kuno warisan dari ibu Hj Zoraida Jasin Rahimahullah yang tak lain adalah ibu kandung dari ibu Ate. Koleksi batik ini menjadi inspirasi untuk memulai usaha di bidang ini. Selain batik juga ada tenun, songket dan quilt  matras sebagai produk awal andalannya.

Usaha  batik yang diberi nama Roemah Batik Archipelago (RBA) ini dimulai dari rumah dengan modal awal hanya ratusan ribu. Hm… memulai suatu usaha tidak selamanya harus dengan modal awal puluhan juta ya. # Catet! Batiknya pun masih campur batik cap dan batik tulis yang berasal dari Garut, Tasikmalaya dan Cirebon. Barang sudah ada, daaaaaaan Roemah Batik Archipelago siap meramaikan dunia perbatikan nusantara. Yuk mari lanjut dengan kisah perjuangan ibu Ate membangun usaha yang satu ini.

Awal pemasaran dimulai dengan promosi kepada teman-teman terdekat yang kemudian dilanjutkan dengan ikut bazar di Graha Niaga Bintaro. Selain bazar, batik-batik ini juga dipromosikan lewat media sosial facebook. Dari sini usaha terus berkembang, usaha batik ini mengepakkan sayapnya hingga ke bazar di sebuah institusi di Bogor. Tidak sampai di situ, ibu Ate juga ikutan bazar Mancanegara yang diadakan di gedung Carakaloka, Jakarta. Roemah Batik Archipelago seperti terus berlari menjemput pecinta batik dari bazar ke bazar.

Dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya pecinta batik, Roemah Batik Archipelago menemukan spesialisasinya pada  batik-batik eksklusif. Kini tidak ada lagi batik cap diantara tumpukan kain batik di gallery.

rba-3

Gallery? Ya, sejak January 2012 pecinta batik Roemah Batik  Archipelago sudah bisa memilih batik dengan santai dan nyaman di Gallery Roemah Batik yang terletak di kawasan Bintaro Jaya 1, Jakarta Selatan. Jadi untuk melihat koleksi kain batik Roemah Batik Archipelago tidak lagi harus menunggu bazar. Tinggal bikin perjanjian berkunjung ke gallery dengan ibu Ate. Pintu gallery selalu siap menerima pecinta batik.

rba-4

Mau berkunjung aja harus bikin perjanjian? Hm..pasti bertanya kenapa, bukan? Ada tiga alasan utama kenapa harus bikin perjanjian. Satu, bu Ate sering keluar kota. Terkadang mengunjungi langsung pengrajin-pengrajin batik di daerah. Dua, walau sudah cukup lama bergelut di dunia perbatikan, tapi bu Ate terus mengupdate informasi-informasi terkini tentang batik dengan ikut seminar dan kegiatan yang berhubungan dengan batik. Tiga, ibu Ate juga berpartisipasi dalam beberapa pameran. Ketiga hal ini membuat bu Ate tidak berada di tempat. So, daripada kecewa enggak bisa pilih-pilih koleksi batik Roemah Batik Archipelago, lebih baik membuat perjanjian bukan?

Selain hal di atas, berdasarkan pengalaman bu Ate, butuh waktu untuk memilih-milih batik yang memiliki aneka corak nan cantik. Dalam hal pilih memilih corak batik, ibu Ate mempersilahkan pecinta batik untuk membentangkan utuh kain batik yang ingin dilihat. Kain jadi berantakan pun tidak masalah. Bu Ate juga dengan senang hati berbagi ilmu tentang filosofi batik dan juga cara pembuatan batik itu sendiri. Oh ya, di gallery ini juga tersedia literatur, buku tentang batik dalam.versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. So, aktivitas berkunjung ke gallery tidak hanya pilih memilih batik, tapi juga bisa menambah wawasan tentang dunia perbatikan Indonesia. Suasana santai dalam memilih batik dengan ditemani cemilan khas beberapa daerah. Kerenkan! Dalam hal pembayaran juga gak usah khawatir, enggak bawa tunai, gesek pun bisa kok. Hehehe.

rba-6

Di tahun yang sama dengan dibukanya Gallery Roemah Batik, bu Ate dengan Roemah Batik Archipelago-nya ikut berpartisipasi untuk pertama kalinya di pameran Crafina yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

Bisnis terus berjalan dan berkembang. Koleksi kain batik Roemah Batik Archipelago tidak hanya berasal dari pengrajin batik di Garut dan Cirebon, tapi bu Ate juga mendatangi langsung pengrajin-pengrajin batik di Yogya, Solo, Pekalongan hingga Bali. Khusus di Pekalongan Roemah Batik Archipelago menggandeng pengrajin lokal untuk membuat batik-batik repro.

Memasuki tahun 2014, bu Ate yang sudah tidak lagi ikutan bazar di Bogor, untuk pertama kalinya mengikuti pameran Inacraft yang juga diadakan di JCC, Jakarta.

Di tahun 2015, Roemah Batik Archipelago eksis di tiga pameran, yaitu Bazar Mancanegara, pameran Inacraft dan pameran Crafina. Tahun ini Roemah Batik Archipelago tidak ikut lagi meramaikan bazar di Graha Niaga Bintaro.

Di tahun 2016, Roemah Batik Archipelago sukses menggelar koleksi batiknya di dua pameran, yaitu Bazar Mancanegara dan Inacraft.

rba-2

Menuju bulan-bulan terakhir di tahun 2016 ini, yuk mari kunjungi, lihat, dan beli kain batik Roemah Batik Archipelago di:

Pameran CRAFINA yang akan diselenggarakan di Hall A No. 174 di JCC Senayan, Jakarta pada tgl 26 Oktober 2016 hingga tgl 30 Oktober 2016.

Atau yang ingin ke gallery, silahkan meluncur ke alamat berikut ini. Jangan lupa bikin janji dulu ya dengan ibu Ate.

ROEMAH BATIK ARCHIPELAGO (RBA)
Kontak: ibu Ate
Alamat: Jl. Murai 1 Blok J4/6 Bintaro Jaya Sektor 1, Jakarta Selatan
Telp: 021 7364543
WA: 0816 1132 464
fb: Roemah Batik Archipelago

Ayo..ayo..ayo…batik lovers
Dipilih…dipilih..dipilih.. (Sssttt tapi ini bukan tiga sepuluh ribu lho ya) #heee

Bogor, 24 Oktober 2016

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s