Yuk, Ka Bumi Aki!

bumi-aki-1

(26/09/16) Kata bumi dalam bahasa sunda diartikan rumah dalam bahasa indonesia, sedangkan aki adalah kakek. Jadi, kalo dua kata tersebut digabung maka bumi aki adalah rumah kakek. Bagi yang sering wara-wari jalan raya puncak hingga ke daerah Cipanas, maka akan familiar dengan tulisan Bumi Aki. Hm….apa seh bumi aki?

Seingat saya rumah makan yang satu ini sudah lama berdiri di daerah Ciloto. Kalo enggak salah inget neh, waktu saya masih wara wiri naik bus Bogor – Bandung lewat Puncak sejak pertengahan tahun 2001 silam, rumah makan yang  satu ini sudah eksis di tepi jalan. Walau begitu, saya belum pernah menjejakkan kaki di sana. Hahaha.

Duo anak bujang protes  enggak diajak jalan-jalan setelah mereka hanya di rumah saja sepanjang minggu. Ditambah pertanyaan sang bapak dari tengah hutan sana: “Enggak jalan-jalankah?”. Jadilah protes itu semakin menjadi-jadi. Protes ini akhirnya membawa saya menjejakkan kaki di Bumi Aki. Akhirnya! Eits, jangan membayangkan indah dan sejuknya hawa Puncak ya. Bukan Bumi Aki yang satu itu yang akan saya bahas kali ini. # Jaka Sembung makan kedondong, enggak nyambung dong. Wkwkwkwk.

Bumi Aki yang akan saya bahas kali ini adalah Bumi Aki yang berada di jalan raya Pajajaran, Bogor. Yup, Bumi Aki eksis juga di kota Bogor. Alasan utama saya mampir ke rumah makan satu ini yaitu adanya permainan buat anak-anak di sana. #gara-gara liat foto ponakan-ponakan diajak main emak mereka di sana. Sambil makan, bocah-bocah ada kegiatan di sana.

Setelah urusan imunisasi Nadya selesai di RSIA Ummi, saya dengan tiga krucil beserta papa dan mama meluncur ke rumah makan Bumi Aki. Pas, kebetulan memang sudah jamnya makan siang. Haaaaa, betul saja. Turun dari mobil duo anak bujang kecil saya langsung menuju arena bermain anak. Sedangkan saya mencari tempat duduk kemudian pesen menu buat makan siang. Tidak lupa abis itu cuci tangan di wastafel yang ditata dengan unik.

bumi-aki-fasilitas

Menu yang ditawarkan beragam. Dari mulai nasi saja ada beberapa macam. Nasi biasa, nasi gurih, nasi liwet, sampe nasi dengan beras merah tersedia di sini. Yang diet, monggo mampir. Wkwkwk. Untuk lauk pauknya juga komplit. Ada ayam, ikan, seafood, dan daging. Kata karyawan yang melayani saya, sate kambing di sini adalah salah satu favorit para tamu. Sayang sangat disayang, suami tercintah enggak ikutan kali ini. Jadi, menu sate kambing dicoret dari daftar menu pesanan. Hehehe..Untuk variasi sayurannya juga banyak. Ada sop, soto dan juga sayur tumis-tumisan seperti tauge, kangkung dan lain-lain. saya hanya memesan nasi putih biasa, ikan balita goreng, sate ayam, sayur tumis genjer, tempe goreng dan kentang goreng buat cemilan bocah. Sukaaaaaa dengan tumis genjernya. Enyaaaaaak. Adha, anak sulung saya aja demen tuh sayur genjer. Biasanya susyaaaah buat makan sayur.

bumi-aki-makananMinuman dingin dan panasnya bervariasi. Ada hot chocolate-nya juga. Aneka jus juga tersedia di sini. Jadi enggak usaha khawatir tentang minuman. Banyak pilihannya.

bumi-aki-minuman

Yuk yang lagi ngider daerah Bogor, terus bingung mau makan di mana, Bumi Aki ini bisa jadi salah satu pilihan terutama yang bawa bocah seperti saya. Hehehe..Eits, jangan lupa ya, bocah-bocah tetep diliatin di arena bermain yang disediakan. Keep safe!

Bogor, 28 September 2016

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s