Tante & Ponakan … (5)

pic-tante-dan-ponakan

Berhasil…berhasil..berhasil

Minggu ceria. Saatnya bersantai ria. Saatnya leyeh-leyeh. Saatnya bisa bangun siang. Saatnya mandi bisa sedikit siangan. Saatnya tidak berkejaran dengan waktu hanya untuk menghindari macetnya jalanan. Saatnya nonton tivi seharian. Saatnya baca komik sesuka hati. Hari minggu yang selalu gue tunggu. Hehehe

Hari menjelang siang dan gue masih aja di tempat tidur, nyelesein tontonan gue dari tadi malem di laptop. Ihiiiy drama korea yang lagi nge-hits. Nge-hits bagi gue sendiri. Hahahaha.

“Ya ampun Tis, jam segini masih aja di tempat tidur. Beranjak dari tempat tidur kenapa? Bantuin gue sama nyokap nyobain resep baru.” Ujar kak Alyssa.

“Ogah ah. Ntar kalo tester dah jadi bawain ke sini aja yak. Biasa icip-icip.” Sebuah senyuman terindah buat kak Alyssa.

“Ogah.” Kak Alyssa berlalu dari pintu kamar gue. Selintes wajahnya keliatan bete dengan jawaban gue. Kak Alyssa beranjak, mata gue kembali ke laptop. Drakor..drakor.

Setengah jam berlalu. Keheningan rumah pecah karena tangisan baby Al, keponakan unyu-unyu gue. Lumayan lama. Semakin lama semakin keras melengking. Tapi akhirnya keheningan itu kembali tercipta dan gue lanjut nonton lagi. Kali ini khusyuk.

Eh tapi yaaaaaaa, “Kekhusyukan” nonton drama korea enggak berlangsung lama. Hm…ada aja pengganggu kesenangan di hari minggu ini. Huft! Kini giliran kak Dhisa berdiri deket pintu kamar gue. Mau enggak mau si film di-pause dulu. “What’s up Sist?”

“Lagi gak sibuk kan, Tish?” Sebuah senyuman dari kak Dhisa.

Huft! Pasti ada udang dibalik batu lagi neh kak Dhisa. Pasti enggak jauh-jauh dari urusan baby Al. Gue jadi ngedumel dalam hati mendengar pertanyaan kak Dhisa. “Sibuk banget. Enggak bisa diganggu.” Gue menjawab singkat namun langsung kepada maksud dan tujuan. Sebuah penolakan.

Kak Dhisa masuk ke dalam kamar. “Yaelah Tish, nonton drama korea doang dibilang sibuk sampe enggak bisa diganggu. Please deh.”

“Habisnya udah dibilang gitu aja masih aja ganggu kesenengan orang. Kagak bisa liat orang tersenyum bahagia dikit dah.”

“Baby Al enggak mau merem lagi neh.”

“Laaah hubungannya sama gue apa, Kak?” Huft! Walau sebenernya ini hanyalah pertanyaan yang seharusnya enggak perlu gue tanya. Pernyataan itu selalu menjadi pernyataan sakti kak Dhisa buat gue.

“Yaaaa kan elo enggak ada kerjaan Tish. Ajakin Al ngobrol dong. Atau ngaji bareng deh.”

“Yang bilang gue enggak ada kerjaan sapa? Yeeeee suka sembarangan aja neh. Ogah ah. Punya anak urus sendiri.”

“Gue lagi belajar sama nyokap neh bikin kue. Resep baru. Jagain Al bentar aja Tish. Mau ya anti Tisha yang cantik. Tuh..tuh liat deh. Al langsung senyum-senyum liat anti Tishanya yang cantik dan baik hati.”

Kak Dhisa berkata benar. Entah kenapa si baby Al pake acara senyum manis depan gue. Lucuuuuu, tapi gue lagi sebel sama emaknya yang mengganggu kesenengan gue di hari minggu ini.

“Anti…,”

“Yo weis deh. Tarok baby Al di sini. Enggak pake acara gendong-gendong ya dedek bayi ganteng.”

Baby Al tersenyum lagi seolah menjadi jawaban atas peringatan barusan. Hooo dedek Al kamu kok menggemaskan sekaleeeee. Walau hati lagi sebel sama emaknya Al, jadi tetep menerima Al dengan senang hati. Senyumanmu melenyapkan semua rasa, Al. Haiyaaaaaah apaan seh ini.

Setelah meletakkan baby Al di kasur, kak Dhisa kembali ke dapur bergabung dengan nyokap dan kak Alyssa. Dan gueeeeee melanjutkan nonton drama korea.

Mata kembali ke laptop. Menikmati adegan demi adegan si drakor. Baby Al sibuk sendiri mengoceh gak jelas. Ocehan Al semakin menjadi-jadi yang membuat gue berhenti sejenak melototin laptop. Si film di-pause lagi deh.

Gue jadi asyik mengobrol gak jelas sama Al. Terkadang ia tersenyum, kadang tertawa ngikik. Ia juga asyik berusaha untuk tengkurap. Al berusaha mengayun-ayunkan badannya ke kiri dan ke kanan. Kakinya juga lincah turut serta bergerak-gerak. Daaaaaaaan akhirnya tujuan tercapai dengan sempurna. Al berhasil tengkurap. Yeaaaaaayyyy.

“Alhamdulillah, dedek Al bisa tengkurap sendiri”

Seketika gue membalikkan badan mendengar ada suara di belakang gue. “Bik Edah bikin kaget aja. Kirain siapa yang ngomong.”

“Maaf mbak Tisha. Habis saya baru pertama ini liat dedek Al tengkurap.”

“Ya sama kita, Bik.”

“Oya Mbak, ini kue yang dibikin ibu sama mbak Dhisa dan Mbak Lyssa.”

Mata gue jadi berbinar melihat si kue. “Makasih ya, Bik. Kudunya kak Dhisa yang anter ini kue. Kan udah jagain anaknya.”

“Mbak Tisha bisa aja. Bibik balik ke dapur lagi ya, Mbak”

“Makasih banyak ya, Bik. Maaf jadi merepotkan Bibik.”

” Enggak repot kok, Mbak.”

Bik Edah beranjak dari kamar Tisha. Tisha menikmati si kue tester sambil memperhatikan Al yang mengangkat2 kepalanya. Ke kiri, ke kanan. Ah, makin lucu aja kamu dedek Al. Batin Tisha.

Tak lama kemudian, giliran nyokap dan kedua kakak gue tercinta menyambangi kamar gue tercinta.

“Tish, tadi bik Edah cerita baby Al tengkurep sendiri. Yang bener?” Atau jangan-jangan loe bantuin yak?” Kak Dhisa memberondong gue dengan pertanyaan.

“Iya dia tengkurep sendiri. Enggak dibantuin kok. Kenapa emang?”

“Alhamdulillah. Lu foto gak tadi Tish pas baby Al tengkurep?”

“Ya kagaklah. Ngapain juga difoto.”

“Yaaaah padahal itu pertama kali Al berhasil tengkurep.” Wajah kak Dhisa terlihat sedih.

“Yang bener? Yeaaaayyy berarti gue sama bik Edah dong yang liat pertama.” Hati ini jadi seneng tiada tara.

Nyokap dan kak Lyssa keluar dari kamar gue. Kak Dhisa juga keluar kamar gue tapi kemudian kembali lagi dengan membawa hapenya. Klik. Al yang sudah dalam posisi tengkurep difoto oleh kak Dhisa.

“Eh mau juga doooong foto bareng Al yang lagi tengkurep.”

“Ogah.” Kak Dhisa keluar dari kamar gue.

“Woooooooiiiiii….mau dooooooong”

Kak Dhisa tetep gak balik ke kamar gue. Huft. Sebel. Apa salah gue yak? Kan gue enggak suruh si Al buat tengkurep sendiri. Kakak gue makin aneh ajah. Bentar merayu, bentar ngambek. Capek deh.

“Ayok Al, kita selfie berdua sajah.”

Klik! Dan Al tersenyum difoto bareng antinya tercinta. Duuuuh dedek Al, you’re the sweetest banget deeeeeeeh. Dan gue jadi membayangkan wajah betenya kak Dhisa liat foto ini. Hahahahaha

Bogor, 22 September 201

 

Leave a Reply

