TANTE & PONAKAN …(4)

pic-tante-dan-ponakan

TANTE GIMANA SEH?????

Last day. Ya, hari keempat alias hari terakhir. Perjuangan terhenti sejenak di hari ini. Bel berbunyi tanda berakhirnya ujian. Selesai tidak selesai, semua siswa siswi diwajibkan meninggalkan tempat duduk masing-masing. Termasuk gue.

Seperti yang sudah-sudah, biasanya suka ada aja siswa siswi yang merayakan hari terakhir ujian nasional dengan mencoret-coret baju mereka. Bahkan yang lebih ekstrim ada juga yang coret-coret dinding. Tapi gue dan temen-temen deket gue tidak termasuk ya dalam daftar siswa dan siswi yang melakukan aksi corat coret. Kami memilih warung bakso langganan kami untuk merayakan ala kadarnya hari terakhir ujian ini.

Selesai dengan bakso, gue minum sedikit demi sedikit segelas es kelapa muda. Temen-temen gue ada yang pesen es campur, ada yang pesen es teh manis,  tapi ada juga yg pesen es kelapa muda seperti gue. Kami sambil diskusi tujuan berikutnya setelah kaki melangkah keluar warung bakso ini.

Deal! Tujuan berikutnya telah diputuskan dan gue kudu menerima dengan lapang dada. Huft, tujuan berikutnya adalah rumah gue. Rada males pulang ke rumah, tapi apa daya temen-temen gue pengen maen ke rumah. Cemilan nyokap menjadi daya tarik utama rumah gue. Hohoho.

“Assalamualaikum.”

Temen-temen gue mengucap salam dengan kompak. Dari dalam rumah terdengar suara nyokap gue menjawab salam. “Waalaikumsalam.”

Satu persatu masuk ke dalam rumah. Seperti biasa, gue langsung mengarahkan mereka ke teras belakang, tempat biasa kumpul di rumah. Sebelum ke teras belakang, mereka jabat tangan satu persatu ke nyokap gue yang lagi gendong Al.

“Siapa ini Tante?’

” Ini Al. Cucu Tante.”

“Aihh lucunya..”

Semua temen gue gemes liat Al. Setelah gue selesai ganti baju, ternyata mereka masih asyik bercengkrama sama nyokap sambil berdiri. Topik pembicaraan mereka tidak jauh-jauh dari Al. Lagi-lagi Al sukses menarik perhatian lebih orang yang baru melihatnya. Fuih!

“Woi ngapain ngerubungin nyokap begitu.”

“Kagak cerita lu Tis punya ponakan lucu begini.”

“Dedek Al..dedek Al…” Mereka bersahut-sahutan mengajak Al ngobrol.

“Ayo sudah pada duduk dulu. Nanti pada main sama Al di teras belakang.”

“Beneran neh Tante?”

“Iya. Tante ke dapur dulu.”

Nyokap gue jalan menuju dapur sambil menggendong Al, sedangkan gue dan temen-temen ke teras belakang rumah.

Tidak perlu menunggu waktu lama, yang ditunggu-tunggu temen-temen gue dateng juga. Apalagi kalo bukan cemilan suguhan nyokap setiap ada temen-temen anaknya berkumpul di rumah.

Wajah-wajah itu berseri ketika nyokap yang dorong Al pake kereta dorong dan bik Edah yang membawa minuman dan cemilan muncul di teras belakang.

“Dedek Al….”

Sekali lagi Al jadi buruan temen-temen gue.

“Tante Tisha  udah berani gendong belom?” Tanya Gita temen sebangku gue sambil ngikik.

Gue nyengir. “Sebulan juga belom itu bayi. Gue belom pernah gendong.”

“Aduuuuuuh gimana seh tantemu satu ini dedek Al.” Ujar Gita lagi.

“Maksud loooooooooooohhhhh???”

Gggrrrrrrr

Bogor, 15 September 2016

Leave a Reply

