ULAR NAGA PANJANGNYA….

Tidak! Tentu saja tidak. Walau umur sudah menginjak kepala tiga, namun permainan sewaktu kecil yang satu ini tidak saya lupa. Entah apa nama yang sebenarnya, namun saya menyebutnya permainan ular naga. Hehehe..

Dua orang saling berhadapan dengan tangan ke atas, saling menempelkan kedua telapak tangan. Sedangkan yang lainnya membuat barisan seperti ular.

“Ular naga panjangnya……” Itulah sepenggal deretan kata pembuka permainan ini. “ular” pun berputar-putar diantara dua temannya yang menjadi penjaga.

IMG-20160408-WA0027

Perputaran berakhir pada kalimat “inilah dia yang terbelakang”. Satu orang dalam barisan yang meliuk-liuk akan tertangkap, kemudian mulai membuat barisan baru di salah satu temannya yang menjadi penjaga. Begitu seterusnya hingga selesai.

IMG-20160408-WA0025

Dan kini permainan itu masih saja dikenal dan eksis di kalangan anak-anak. Anak saya, Adha, yang bersekolah di TK A juga memainkan permainan yang satu ini bersama teman-temannya di sekolah. Melihat foto-foto Adha bersama teman-temannya di jepretan para guru yang dibagikan kepada orang tua murid membuat kenangan masa kecil itu kembali. Ah, senangnya.

Mataram, 1 Juni 2016

Advertisements

2 thoughts on “ULAR NAGA PANJANGNYA….”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s